Selasa, 21 Februari 2012

Pemimpin

Gua dapet ilham untuk nulis posting ini waktu gua kuliah tadi pagi. Tau kenapa gua bisa dapet ilham malah waktu kuliah? (gak gua saranin untuk mahasiswa yang pengen cepet lulus) Waktu di kuliah tadi gua ngelamun! hahaha. Oke deh langsung aja ke inti masalahnya.



Gua udah banyak tau orang orang yang dihormati di dunia ini. Contohnya aja yang paling deket deh, yang semua orang Indonesia kenal. Soekarno, atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Karno, Bapak Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau sangat dihormati oleh Rakyatnya. Bahkan dari buku yang gua baca (sorry banget gua lupa judul bukunya) Negara adiday Amerika aja gak berani mengirim kapal induknya masuk ke perairan Indonesia.

Contoh lainnya Tokoh fiksi Tir Mcdohl dan Riou dari permainan Suikoden I dan Suikoden II. Kedua tokoh yang begitu di hormati oleh musuh dan temannya. Meskipun kedua tokoh tersebut hanya tokoh fiksi, tapi dari kehidupan kedua tokoh tersebut (yang bisa kita lihat dari alur cerita permainannya) kita bisa melihat bagaimana orang orang disekitarnya tertarik untuk bergabung bersama mereka.

Dari contoh contoh diatas sebenernya apasih yang membuat mereka dihormati baik oleh orang orang disekitarnya atau oleh musuh? Gua punya beberapa pendapat, Tapi itu belum tentu bener soalnya gua dapet pendapat ini bukan dari penelitian berbulan bulan atau baca buku bertumpuk tumpuk.

Alesan pertama tentunya aja karena Mereka itu PEMIMPIN, pasti aja lah seorang pemimpin itu di hormati. Hati hati loh ada sedikit perbedaan antara Pemimpin yang dihormati dan pemimpin yang di takuti. Simpelnya aja gini Pemimpin yang dihormati udah pasti ditakutin, tapi pemimpin yang ditakutin belum tentu di hormatin. Liat aja dari contoh contoh pemimpin dunia yang ditakutin bukan di hormatin. satu persatu mereka dijatuhkan orleh rakyat mereka sendiri. Pemimpin yang di hormati gak perlu menjadi diktator untuk di takuti. Karena mereka punya kharisma (bener ga ya tulisannya . . .). Gua sendiri gak tau gimana bentuk kharisma itu alesannya 1 gua gak pernah deket atau tertarik ke satu orang karena dia punya kharisma.

Gua pernah ikut kegiatan kayak seminar, mungkin lo semua tau kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) atau sejenisnya lah yang biasanya di laksanain sesuadah atau sebelum pemilihan ketua organisasi. Disitu gua diksaih tau sama mentornya kalo di dunia ini gak ada yang namanya "Born Leader" (ga tau bener apa ga istilahnya) alias dari lahir udah jadi pemimpin atau lahir untuk memimpin. alesan mentornya itu bilang gitu karena Pemimpin itu bukan dilahirkan tapi dibentuk. Tapi menurut gua itu salah, Karena menurut gua "Born Leader" itu ada.

Menurut gua pemimpin itu ada 2 bukan hanya pemimpin yang dibentuk, tapi juga pemimpin yang dilahirkan (istilah lain gua untuk "Born Leader"). Gua rasa lo semua udah tau contoh untuk pemimpin yang dilahirkan sapa lagi kalo bukan Orang tua, lebih tepatnya Ayah atau Kepala Keluarga. Contoh lainnya yang di jaman sekarang juga masih ada itu Raja, Presiden, atau Sultan alias kepala negara. Contoh yang lebih tepatnya lagi pemimpin yang dilahirkan itu gua, lo, dan semua orang di dunia ini. Gua yakin lo semua langsung punya pertanyaan, Kalo kita semua itu pemimpin trus siapa yang di pimpin? Jawabannya itu cuma 1, gak peduli apa agama ras, suku bangsa, warna kulit lo, lo adalah pemimpin untuk diri lo sendiri.

Pemimpin selanjutnya tu pemimpin yang dibentuk, gua bingung mau ngaih contohnya gimana. Karena menurut gua banyak banget di dunia ini dari jama dulu sampe sekarang. Ya gua bilang gitu karena pemimpin yang dibentuk ini bisa dibilang pemimpin yang emang termasuk sebagai pemimpin yang dilahirkan. Gua bener bener bingung nih mau ngasih contohnya sapa. Sebenernya gua bukan bingung, tapi gua takut salah, nanti di tuntut lagi gua kalo salah. Jadi gini ya, gua gak usah kasih contoh tapi lo cari aja sendiri contohnya abis gua kasih penjelasan. Jadi, Pemimpin yang dibentuk itu menurut gua, "Born Leader" yang udah melalui suatu proses pematangan jiwa mereka. Kenapa gua bilang pematangan jiwa dah kayak masak aja. Jelas aja lah pematangan jiwa, udah jela gitu kan bedanya pemimpin yang dilahir kan ma yang dibentuk itu ada di Jiwanya. Para Pemimpin yang di bentuk itu lebih mateng, lebih dewasa. Proses pematangan jiwa ini gak mudah gak kayak lo bolak balik tangan lo, atau gak kayak lo diem tiba tiba boom jiwa lo dah mateng kaya telor di eremin induknya. Jadi udah ngertikan gimana pemimpin yang dibentuk? udh tau siapa contohnya? masih belum tau? gini deh gua kasih contoh secara globalnya, tapi gua gak mau kasih nama. Jadi contohnya itu misalnya untuk agama islam (gua gak tau di agama lain ada apa gak) Nabi, Nabi itu termasuk pemimpin yang dibentuk. Contoh lain nya itu Raja, Presiden, atau Sultan alias kepala negara. pasti ada yang bilang "Loh koq raja lagi?" Santai emang gua bilang Raja, Presiden, Sultan emang pemimpin yang dilahirkan, tapi gak semua nya itu jadi pemimpin yang di bentuk.

Keimpulannya, jadi pemimpin itu gak mudah, tapi yang lebih susah lagi itu jadi orang "dibalik layar" dari seorang pemimpin yang sukses. Karena Jadi pempimpin yang baik itu harus memperhatikan orang orang disekitarnya, ngerti atas apa yang terjadi terhadap orang orang disekelilingnya, dan tugas orang orang disekelilingnya, terutama orang "dibalik layarnya" untuk mengingatkan sang Pemimpin untuk memperhatikan orang orang disekitarnya, dan untuk mengingatkan mereka siapa mereka sebelum menjadi pemimpin.

Gua mau ngutip lirik lagu Saykoji, buat saykoji sorry banget gua lupa judulnya, sorry juga kalo ada yang salah di kutipan gua. "When leaders forget what it mean to be humble. Remember they stand on us, when we fall they stumble"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar membangun anda bisa membangun blog ini jadi lebih baik.